Rabu, Februari 16, 2022

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Mudah dan Terarah


Masalah keuangan kerap kali menjadi masalah yang sangat rumit bagi beberapa orang. terutama bagi yang telah memiliki pendapatan pribadi. Setelah menerima gaji maka keinginan untuk konsumtif sangat tinggi. Sehingga pada akhirnya akan sangat kesulitan untuk investasi jangka panjang. Berikut cara mengatur keuangan pribadi dengan mudah.

Tips Mengelola Keuangan Pribadi

1. membuat Catatan Pribadi

Tanpa memiliki catatan pribadi, pastinya anda akan mengalami kesulitan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Anda bisa menggunakan atau membuat catatan pribadi dengan berbagai cara. Cara tersebut bisa anda pikirkan sendiri sesuai dengan kebutuhan pribadi. Jika proses ini dilakukan secara konsisten maka hasilnya akan terorganisir.

Dengan membuat catatan pribadi maka setiap pengeluaran dan pendapat akan tercatat dengan baik sehingga anda bisa memperkirakan kebutuhan mana yang perlu dimiliki dan tidak agar bisa disisihkan sebagai bentuk investasi jangka panjang. Dengan model ini, anda juga bisa mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu seperti membeli rumah dan lainnya.

2. Buat Dana Darurat dari Tabungan Investasi

Cara mengatur keuangan pribadi berikutnya adalah membuat dana darurat untuk memprediksi keadaan mendesak agar tidak mempengaruhi keadaan keuangan. Tentu saja banyak kejadian dan bencana yang tidak terduga dalam hidup, sehingga diperlukan dana yang mendesak. Anda menggunakan dana darurat dari dana yang terkumpul sebagai tabungan investasi.

3. Buat Anggaran Bulanan

Ada rumus yang bisa Anda gunakan untuk membuat anggaran bulanan yaitu pembagian 40, 30, 20, dan 10. maksudnya adalah, anda bisa menyisihkan uang sebanyak 40% dari penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian seperti tagihan bulanan dan keperluan belanja bulanan lainnya untuk kehidupan sehari-hari di rumah atau kosan.

Kemudian ukuran 30% digunakan untuk melakukan pembayaran cicilan hutang yang dimiliki jika memiliki tanggungan. Selanjutnya 20% digunakan untuk menabung dan investasi dalam jangka panjang dan 10% lainnya bisa anda donasikan sebagai bentuk zakat dan rasa syukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah diberikan dan berbagi antar sesama.

4. Memiliki Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Beberapa orang masih memikirkan tentang manfaat dari penggunaan asuransi jiwa dan juga kesehatan. Banyak orang merasa bahwa sangat merugikan jika membuat asuransi karena dirasa tidak mendapatkan keuntungan apapun. Namun tidak ada yang tahu tentang hal apa yang terjadi di kemudian hari. cara mengatur keuangan pribadi ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi.

Hal tersebut merupakan fungsi dari adanya asuransi jiwa dan kesehatan. Ketika terjadi sesuatu maka anda akan terbebas dari biaya pengobatan, perawatan, perlindungan aset, pencegahan kerugian harta benda, dan meningkatkan pembayaran hipotek dan penggantian hutang. Selain itu asuransi juga akan membantu peningkatan pendanaan kebutuhan keluarga.

5. Segera bayarkan Hutang dan Cicilan

Membayar cicilan merupakan suatu hal yang sangat utama untuk dijalankan. Karena jika anda mengabaikan hal ini akan membuat anda terus terjerat dengan hutang dan juga bunga yang diterima. Dengan adanya hutang ini, anda juga akan sangat terganggu dalam mengelola keuangan pribadi.

6. Hindari Hutang Konsumtif

Utang konsumen adalah pinjaman untuk membeli produk yang tidak menguntungkan yang nilainya akan terus menurun di masa depan. Misalkan Anda terlilit hutang untuk membeli pakaian, tas, dan topi untuk gaya hidup yang terlihat boros namun tidak memiliki penghasilan. Jika tidak menerapkan cara mengatur keuangan pribadi ini, keuangan Anda akan berantakan.

6 tips tersebut bisa anda terapkan untuk membuat penghasilan pribadi anda lebih aman dan terorganisir. Selain cara tersebut, anda juga bisa coba menggunakan HSBC yang merupakan layanan tanpa biaya admin. Dengan menggunakan layanan ini, anda akan bisa selalu memantau perkembangan keuangan pribadi yang lebih terorganisir.