Rabu, September 22, 2021

Kekurangan dari Jenis Laptop Gaming

Kekurangan dari Jenis Laptop Gaming

Kekurangan dari Jenis Laptop Gaming. Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul berbagai brand dan jenis laptop di pasaran, termasuk laptop yang dikhususkan untuk kegiatan gaming. Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pun bermacam-macam. Namun, dibalik embel-embel gaming-nya, terdapat beberapa kekurangan dari laptop jenis ini untuk Anda pertimbangkan ulang saat ingin membelinya. Berikut ini penjelasan mengenai kekurangan laptop untuk kegiatan gaming.

Pertama dan yang paling utama adalah perihal harga. Walau memang laptop gaming memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibanding laptop biasa, harganya pun juga terbilang tinggi alias mahal. Jika Anda bukan seseorang yang mendedikasikan waktu untuk bekerja sebagai gamer, atau Anda tidak berniat menjadi gamer profesional, Anda dapat mempertimbangkan ulang untuk membelinya, mengingat harganya yang dapat sampai puluhan juta rupiah. 

Kekurangan yang berikutnya adalah bobot laptop gaming yang relatif besar sehingga tidak sesuai untuk Anda yang memiliki mobilitas atau aktivitas yang sibuk. Umumnya, bobot laptop diatas dua kg, ditambah dengan charger dan kelengkapan yang lain, seperti alat pendingin. Bahkan laptop gaming tertipis di dunia, yaitu Asus ROG Zephyrus memiliki bobot 2,2 kg. Hal ini akan membuat Anda lelah atau bahkan terkena sakit punggung dan bahu.  

Bobot yang besar adalah yang wajar karena laptop ini memang memerlukan banyak ruang untuk wadah hardware dan bentang layar yang luas. Kekurangan laptop gaming selanjutnya adalah konsumsi baterai yang boros. Kapasitas baterainya memang lebih besar dibanding laptop biasa demi memberikan masa pakai yang lebih lama. Akan tetapi, jika Anda sedang bermain game tanpa melakukan charge, biasanya laptop hanya akan bertahan hingga tiga jam.

Hal ini karena spesifikasi dan aplikasi game yang berat dapat mempengaruhi kecepatan terkurasnya baterai. Untuk itu, Anda harus sesering mungkin melakukan charge bahkan ketika sedang bermain. Itulah beberapa kekurangan dari laptop gaming yang harus Anda tahu sebelum membelinya. Selain itu, jika Anda memang senang bermain game, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan perangkat ponsel atau Play Station yang juga tersedia berbagai variasi.