Rabu, September 22, 2021

Inilah Gejala Link Stabilizer Rusak yang Harus Diketahui

Inilah Gejala Link Stabilizer Rusak yang Harus Diketahui

Perlu Anda ketahui, selain gejala link stabilizer rusak, ban, shockbreaker, tie rod, hingga bushing yang terganggu juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saat melakukan perjalanan menggunakan mobil. Terutama jika mobil tersebut Anda gunakan di jalanan berlubang.

Jika semua komponen yang sudah kami jelaskan di atas bermasalah, maka akan menyebabkan ketidaknyamanan hingga beberapa komponen mengeluarkan suara yang aneh seperti berdecit. Maka dari itu, Anda harus kenali terlebih dahulu gejalanya agar bisa menghindarinya.

1. Permasalahan Pada Link Stabilizer

Perlu Anda ketahui adanya suara-suara yang berdecit bisa saja terjadi karena adanya permasalahan pada link stabilizer. Jika komponen sampai terganggu maka mobil akan kurang nyaman saat digunakan.

Suara yang berdecit juga menjadi gejala bahwa komponen yang satu ini tengah mengalami kendala atau gangguan.

2. Permasalahan Pada Shockbreaker

Komponen yang kedua ini juga dikenal dengan istilah suspensi. Shockbreaker atau suspensi merupakan komponen penting di dalam sistem mobil yang fungsinya untuk meredam getaran saat melewati jalanan berbatu maupun tanjakan.

Bunyi berdecit pada saat melintasi polisi tidur maupun tanjakan bisa menjadi tanda adanya gangguan pada komponen yang satu ini. Jika ada bunyi berdecit, silahkan Anda cek lebih lanjut sebelum mengalami kerusakan lebih parah.

3. Ban dan Velg

Perlu Anda ketahui, kerusakan pada shockbreaker juga berpengaruh pada penurunan performa pengereman yang mengakibatkan ban dan velg menjadi bermasalah juga. Peredaman akan melemah sehingga ban pun akan terkena dampaknya.

Maka dari itu, jika sudah timbul gejala adanya kerusakan pada shockbreaker, maka sebaiknya Anda atasi. Karena jika dibiarkan akan berakibat fatal khususnya pada permukaan ban yang menjadi tidak rata.

4. Permasalahan Pada Komponen Bushing

Komponen lain yang tidak kalah penting untuk Anda cek adalah bushing. Gangguan pada bushing bisa ditandai dengan kondisi setir yang mengalami keanehan. Contohnya seperti saat Anda berbelok, setir yang digunakan tidak bisa kembali berbalik dengan sendirinya.

Jika terjadi tanda-tanda tersebut, maka itu artinya ada permasalahan pada bushing mobil Anda.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan jika adanya gangguan pada mobil, baik itu link stabilizer dan beberapa komponen lainnya.