Kamis, September 30, 2021

Asam Urat Kambuh, Simak Beberapa Cara Obati Asam Urat dengan Cara Alami

Asam Urat Kambuh, Simak Beberapa Cara Obati Asam Urat dengan Cara Alami

Asam urat tiba-tiba kambuh merupakan peristiwa yang paling tidak nyaman. Karena bisa terjadi kapan saja dan dimana saja bahkan bisa jadi saat kita melakukan aktivitas pekerjaan. Sehingga membuat aktivitas bekerja menjadi terganggu akibat rasa nyeri yang ditimbulkan. Lalu bagaimana pertolongan pertama saat asam urat kambuh? Yuk, simak beberapa cara obati asam urat dengan cara alami berikut ini.

Pertolongan Pertama Saat Sendi Terasa Sakit

1. Kompres dengan Air Dingin atau Es

Cara yang satu ini merupakan salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan ketika persendian mengalami nyeri. Mengompres bagian sendi yang sakit dengan air dingin atau dengan es bertujuan untuk meringankan rasa sakit pada sendi saat asam urat tiba-tiba kambuh. Efek dingin tersebut dapat mengurangi peradangan yang terjadi dan juga berguna untuk meredakan. 

2. Mengangkat Persendian yang Sakit 

Penanganan pertama jika Anda mengalami rasa nyeri sendi yaitu dengan mencoba mengangkat sedikit bagian persendian yang sakit seperti pada siku, lutut kaki, dan beberapa anggota badan lainnya yang mengalami nyeri dengan mengganjalnya dengan bantal. Posisi tersebut juga memudahkan Anda dalam mengurangi rasa sakit maupun peradangan yang terjadi akibat nyeri sendi yang menyerang.

3. Istirahatkan Sebentar

Masih ada beberapa cara obati asam urat dengan metode penanganan pertama saat asam urat kambuh, yakni dengan beristirahat sebentar dari kesibukan maupun kegiatan yang sedang dilakukan. Nyeri sendi yang datang tiba-tiba memang membuat aktivitas menjadi terganggu. Maka istirahatlah terlebih dahulu untuk merilexkan bagian sendi dan otot yang sakit. Pastikan juga menghindari aktivitas yang terlalu berat, seperti mengangkat beban yang terlalu berat.

4.Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

Cara alami yang bisa Anda lakukan selanjutnya ketika nyeri sendi menyerang yakni, perbanyak konsumsi air putih atau air mineral untuk membantu melancarkan aliran darah dan juga meringankan gejala nyeri sendi. Selain membantu menghilangkan dehidrasi, air putih juga bermanfaat bagi ginjal untuk melepaskan cairan pada tubuh manusia dan membantu meringankan pembengkakan yang diakibatkan oleh  asam urat.

5. Minum Air Lemon

Ada beberapa cara obati asam urat secara alami yaitu dengan mengkonsumsi air lemon dengan air hangat setiap pagi, untuk menetralkan sifat basa pada tubuh manusia. Hal ini juga sangat berguna bagi penderita penyakit asam urat. Karena kadar asam dan vitamin C dari buah lemon juga berguna untuk menetralkan tubuh dan juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh penderita asam urat. 

6. Konsumsi Obat Herbal 

Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi obat-obatan herbal maupun minum-minuman yang berasal dari alam. Seperti racikan minuman dari jahe dan juga mentimun. Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki efek fermakologis sebagai anti inflamasi yang mampu sebagai alternative pengobatan alami bagi penderita asam urat. Sedangkan mentimun bersifat diuretic untuk meluruhkan kencing dan berperan untuk membuang kelebihan asam urat.

7. Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Tips terakhir dari beberapa cara obati asam urat berikutnya yakni dengan rajin mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung vitamin C dan juga serat. Vitamin C bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah seperti Lemon, Ceri, Kiwi, Stroberi, Tomat dan masih banyak yang lainnya. Namun penting juga bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan maupun memiliki penyakit ginjal untuk tidak mengkonsumsi terlalu sering buah yang mengandung banyak asam ini.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat mengalami nyeri sendi yang diakibatkan oleh gejala asam urat. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Anda dalam mengetahui metode penanagana bagi penderita asam urat dan menambah wawasan pengetahuan dalam menangani gejala penyakit tersebut.