Senin, September 13, 2021

3 Alternatif Cara untuk Menjaga Toge Tetap Segar & Tahan Lama

3 Alternatif Cara untuk Menjaga Toge Tetap Segar & Tahan Lama

Toge adalah salah satu sayuran yang paling saya sukai. Bahkan saya sering membelinya langsung dalam jumlah banyak saat belanja ke pasar. Niatnya sih untuk jadi persediaan. Tapi ternyata, toge tidak dapat disimpan dan harus langsung dimasak. Alhasil, banyak toge yang terbuang karena tidak termakan.

Usut punya usut, toge memang dikenal sebagai sayuran yang cepat layu. Habis dibeli, sebaiknya langsung dimasak. Namun, kalau memang beli kebanyakan dan ada sisa, sebenarnya ada cara yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang kesegaran toge. Setidaknya untuk 4-5 hari ke depan.

Sebelum disimpan, penting untuk memisahkan toge dari kotoran

Toge mentah atau yang baru dibeli, biasanya masih memiliki lapisan kulit kacang hijau di kepalanya dan ekornya pun berwarna hitam. Kedua hal ini merupakan kotoran yang harus dibuang sebelum toge disimpan. Supaya, toge tetap segar. Bersihkan toge dari kulit kacang di bawah air mengalir, sambil patahkan ekor hitamnya. Kemudian, tiriskan toge yang sudah bersih tersebut.

Selain kulit kacang dan ekor hitam, toge yang sudah lembek dan tidak segar juga wajib dipisahkan serta dibuang, supaya tidak mempercepat pembusukan toge segar lainnya.

Ada 3 alternatif cara untuk menyimpan toge agar tetap segar di dalam kulkas:

1. Masukkan ke wadah berisi tisu dapur dan tutup rapat

Kunci dari menjaga kesegaran toge adalah membiarkannya tetap lembab. Untuk menyimpannya, siapkan 1 wadah yang punya tutup rapat. Alasi wadah tersebut dengan kitchen towel atau tisu dapur. Tisu ini akan menjaga toge supaya lembab dengan pas, tidak berlebihan. Selanjutnya, masukkan toge yang sudah bersih ke dalam wadah, tutup dengan rapat, dan simpan ke dalam kulkas. Cara ini dapat membuat toge tahan hingga 1 minggu.

Toge ini sebaiknya disimpan di kulkas bagian bawah, tempat khusus sayuran. Dan itupun harus di posisi paling depan karena merupakan bagian paling “hangat”. Kalau ditempatkan di bagian belakang atau atas, toge rawan terkena dingin yang berlebihan dan bisa membusuk lebih cepat.

2. Masukkan ke plastik berisi air dan diikat rapat

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menyimpan toge adalah memasukkan toge ke dalam plastik bening berisi air. Anda bisa memasukkan semua toge sekaligus ke dalam 1 plastik atau membaginya ke dalam beberapa plastik sesuai dengan porsi masak. Isi plastik tersebut dengan air bersih sampai seluruh toge terendam. Kemudian, ikat plastik tersebut dengan rapat. Simpan plastik berisi toge di kulkas  bagian bawah khusus sayuran. Cara ini akan menjaga kesegaran toge selama 4-5 hari.

3. Rendam toge di air bersama jeruk nipis dan simpan dalam wadah tertutup

Kesegaran jeruk nipis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga toge agar tetap segar saat disimpan. Caranya, siapkan sebuah wadah dengan penutup rapat. Masukkan toge ke dalam wadah dan tambahkan air bersih hingga toge terendam. Kemudian, berikan 2-3 iris jeruk nipis ke dalam rendaman tersebut. Tutup wadah dengan rapat dan simpan toge di dalam kulkas bagian bawah. Cara ini dapat membuat kesegaran toge bertahan hingga 4 hari lamanya.

Sekarang, anda tidak perlu takut lagi deh saat membeli toge dalam jumlah banyak. Sebab toge tidak akan cepat layu atau mubazir terbuang kalau disimpan dengan salah satu cara di atas. Hidangan toge apa nih yang jadi favorit anda?

Untuk mendapatkan toge dengan kualitas terbaik, selalu pastikan membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan toge juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.