Jumat, Desember 25, 2020

Jangan Asal Pilih! Ketahui Susu untuk Orang Tua yang Tepat

Jangan Asal Pilih! Ketahui Susu untuk Orang Tua yang Tepat

Susu itu sangat baik untuk manusia, entah itu anak kecil, dewasa, maupun orang tua. Yang membedakan adalah kandungannya saja. Maka dari itu, khusus untuk lansia, ada susu untuk orang tua yang memang diformulasikan untuk mereka para lansia. Bukan susu yang biasa saja.

Mengapa? Karena kebutuhan tubuh setiap orang itu berbeda. Ini terkait dengan kandungan nutrisi di dalam tubuh. Tentu saja nutrisi yang dibutuhkan anak balita berbeda dengan orang dewasa, bukan? Begitu pula dengan orang tua.

Mengapa Orang Tua Sebaiknya Minum Susu 

Ada stigma di masyarakat bahwasanya susu itu hanya untuk anak kecil. Bahkan, ada yang lebih ekstrem lagi. Susu itu hanya untuk bayi. Setelah sudah dewasa, susu tidak diperlukan lagi.

Makanya, banyak orang yang ketika sudah berusia di atas 5 tahun tidak lagi minum susu. Begitu juga mereka yang sudah lansia. Padahal, nutrisi di dalam susu itu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk balita, jelas gizi di dalam susu bagus untuk perkembangan tubuhnya. Ini bisa lihat bagaimana banyak balita yang mengalami stunting karena kekurangan nutrisi. Dan ada kemungkinan balita tersebut tidak mendapatkan susu balita terbaik.

Sama halnya dengan orang tua. Hanya saja, orang tua atau lansia butuh susu untuk beberapa hal, seperti memperlambat tulang keropos, menjaga kesehatan jantung, serta menjaga massa otot. Makanya, susu untuk orang tua sebenarnya bertujuan agar orang tua bisa tetap aktif. Ia tidak mudah loyo, lemas, ataupun sakit. Di usia senja, ia tetap bisa bugar.

Hanya saja, setiap orang harus tahu susu seperti apa yang dibutuhkan oleh orang tua yang mampu memberikan manfaat tersebut.

Susu untuk Orang Tua yang Terbaik 

Anda bisa saja memilihkan susu di supermarket yang sudah ada labelnya untuk orang tua. Namun, apakah Anda mau memilih begitu saja?

Ada baiknya Anda ketahui seperti apa ciri khas dari susu untuk orang tua. Setidaknya, ada tiga hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Yang pertama, kandungannya. Susu itu mengandung protein. Itu sudah menjadi hal lazim yang banyak orang ketahui. Namun, Anda juga harus tahu ada kandungan berupa lemak jenuh. Nah, untuk lansia, sebaiknya susu mengandung lemak jenuh dalam kadar yang rendah. Karena kandungan inilah yang akan menjaga kesehatan jantung.

Yang kedua, pilihlah susu yang sapi organik. Ternyata, susu yang organik itu memiliki susu dengan kandungan yang berbeda lho. Kandungannya jauh lebih baik dan lebih sehat untuk tubuh orang tua. Salah satunya adalah kandungan omega 3 yang jauh lebih tinggi. Kandungan omega 3 ini pula yang sangat dibutuhkan untuk jantung, tulang, dan juga organ tubuh orang tua lainnya.

Dan yang terakhir, kandungan gulanya harus rendah. Mengkonsumsi susu yang mengandung gula tinggi bisa membuat orang tua berisiko mengalami diabetes. Tidak hanya itu saja. Ada juga risiko tinggi di mana orang tua bisa mengalami osteoporosis.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan susu untuk orang tua seperti apa yang akan Anda pilih? Jika Anda seorang anak yang memiliki orang tua yang sudah dalam usia senja, sudah saatnya Anda memberikan yang terbaik. Yang terbaik untuk orang tua tidak selalu makanan dan minuman yang lezat. Berikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan kesehatan tubuh orang tua Anda. Ini cara yang bijak jika Anda ingin menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.