Kamis, Juni 25, 2020

4 Kiat Aman dan Nyaman Staycation Saat Pandemi

4 Kiat Aman dan Nyaman Staycation Saat Pandemi

Mematuhi peraturan pemerintah untuk di rumah saja selama lebih dari tiga bulan ini tentu saja membuat Anda merasa jenuh. Terlepas ini demi kebaikan bersama, kesehatan mental juga perlu dijaga. Sehingga tidak heran ketika new normal diberlakukan sudah mulai banyak yang memutuskan untuk berlibur atau minimal staycation. Jika Anda dan keluarga memiliki rencana untuk staycation, sebaiknya Anda juga mengagendakan untuk melakukan rapid test usai pulang dari staycation. Carilah informasi rapid test terdekat di sekitar tempat tinggal Anda. 

Tidak dipungkiri jika ada perasaan takut dan was-was akan terpapar virus saat staycation. Inilah mengapa Anda sangat disarankan untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya membooking hotel untuk staycation Anda dan keluarga. Apa saja yang perlu Anda perhatikan agar staycation aman dan menyenangkan? Berikut informasinya.

1. Survei hotel

Jika sebelum adanya pandemi Anda survei hotel cukup dengan mempertimbangkan fasilitas, kebersihan dan harga saja, maka di saat pandemi seperti ini yang menjadi poin pertama untuk dipastikan adalah apakah hotel tersebut menerapkan protokol kesehatan secara benar dan tepat.

Informasi yang harus Anda cari sampai detail diantaranya adalah; apakah hotel tersebut menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan, adanya penyemprotan desinfektan secara rutin, pemberian set peralatan kesehatan (termasuk masker) hingga penerapan cek suhu pada setiap tamu yang datang, dan lainnya.

2. Kesehatan

Pastikan kesehatan Anda dan keluarga dalam kondisi fit. Jangan memaksakan diri untuk staycation apabila Anda atau salah satu anggota keluarga sedang tidak enak badan. Meski terus menerus di rumah memang membosankan, namun bepergian ketika sakit harus Anda hindari. Apalagi virus akan mudah menyerang jika imunitas sedang lemah.

Oleh karena itu, jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, pastikan Anda dan keluarga juga menyiapkan kondisi fisik. Melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, istirahat cukup bisa Anda dan keluarga lakukan untuk menjaga kesehatan. Bahkan jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan rapid test terdekat dengan tempat tinggal agar lebih yakin dengan kondisi kesehatan Anda.


3. Membawa perlengkapan dan peralatan sendiri

Meski pihak hotel sudah menyediakan perlengkapan sanitasi, akan lebih baik jika Anda membawanya dari rumah. Bawalah masker sejumlah anggota keluarga dan masker cadangan untuk berganti, hand sanitizer, tisu basah dan kering, sabun cuci tangan, handuk, sikat gigi, peralatan makan dan lainnya.

Membawa semua perlengkapan dari rumah tentu membuat Anda lebih tenang karena bisa memastikan bahwa perlengkapan dan peralatan yang dibawa terjamin kebersihannya.

4. Coret agenda renang dan gym

Apabila biasanya Anda sering memanfaatkan waktu untuk berenang di kolam renang hotel, maka untuk saat ini sebaiknya Anda tidak memasukkan aktivitas renang dalam agenda Anda. Kolam renang termasuk fasilitas publik yang digunakan oleh banyak orang dan Anda tidak tahu persis bagaimana kondisi kesehatan orang-orang yang berenang di sana.

Selain menghindari kolam renang, Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan fasilitas gym yang disediakan karena ruangan gym termasuk ruangan yang juga digunakan oleh banyak orang sehingga dikhawatirkan terpapar oleh virus dan bakteri.

Demikianlah empat hal yang harus Anda perhatikan apabila memiliki agenda staycation di hotel bersama keluarga tercinta. Meski peraturan pemerintah sudah lebih longgar, namun virus masih mengancam kita semua. Untuk itu selalu terapkan protokol kesehatan dengan benar agar Anda dan keluarga tetap sehat.

Usai melakukan staycation nanti, sebaiknya Anda melakukan rapid test guna memastikan kondisi Anda dan keluarga. Manfaatkan layanan kesehatan yang disediakan oleh Halodoc. Halodoc memfasilitasi masyarakat yang ingin melakukan rapid test dengan biaya terjangkau. Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan lokasi rapid test terdekat.