Sabtu, Juni 06, 2020

4 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Hair Tonic

Bahan Alami untuk Hair Tonic

Menjaga kesehatan dan keindahan rambut merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi Anda para wanita. Berbagai polusi dari aktivitas sehari-hari serta hal-hal yang Anda lakukan pada rambut seperti mengecat, mengeringkan dengan hair dryer, atau mencatok dan mengeriting rambut membuat rambut Anda beresiko mengalami kerusakan. Untuk tetap menjaga rambut tetap sehat, ada banyak perawatan rambut yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara yang cukup mudah untuk merawat rambut adalah dengan menggunakan hair tonic.

Bahan-bahan sebagai tonic alami

Namun tahukah Anda bahwa ada bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan dan buat sendiri di rumah untuk menjadi tonic? Berikut beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk rambut sebagai tonic alami. 

1. Jahe

Selain bermanfaat bagi kesehatan karena bisa membuat tubuh hangat saat dikonsumsi, ternyata jahe juga bisa bermanfaat untuk menjadi tonic bagi rambut Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah rambut rapuh dan mudah patah. Kandungan yang terdapat pada jahe bisa memberi rangsangan pada akar rambut hingga ujung helai rambut agar membuatnya bisa tumbuh subur dan kuat. 

Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah di daerah kulit kepala. Cara menggunakannya yaitu dengan memblender jahe hingga menjadi jus kemudian mengoleskannya pada bagian kulit kepala sambil dipijat lembut selama 30 menit, kemudian bilas atau keramaslah. Menggunakan tonic dari jahe secara rutin juga bisa mencegah rambut Anda dari kerontokan. 

2. Cuka apel dan minyak kelapa

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda buat menjadi hair tonic adalah cuka apel dan minyak kelapa. Caranya adalah dengan mencampur satu per empat cangkir minyak kelapa dengan sepuluh tetes cuka apel. Gunakan campuran tersebut pada kulit kepala sambil memijatnya lembut dan biarkan hingga lima belas menit. 

Agar maksimal, sebaiknya gunakan tonic ini kurang lebih 10 jam sebelum Anda keramas. Ramuan ini bisa mencegah rambut Anda dari kerontokan dan mencegah rambut agar tidak kering. Agar lebih praktis, Anda juga bisa membuat campuran cuka apel dan minyak kelapa ini dalam jumlah yang lebih banyak kemudian Anda simpan di lemari es. Tonic tersebut bisa Anda gunakan kapanpun Anda menginginkannya. 

3. Minyak zaitun dan madu

Baik madu ataupun minyak zaitun keduanya memang sering digunakan sebagai bahan-bahan untuk produk kecantikan, tidak terkecuali untuk perawatan rambut. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk rambut Anda, mulai dari mengatasi rambut kering, rambut kusut, dan juga bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. 

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun dan madu ini, Anda hanya perlu mencampurkan lima tetes madu dengan enam sendok teh minyak zaitun. Gunakan campuran ini pada rambut sambil memijat lembut kulit kepala selama sepuluh menit. Namun perlu Anda ingat untuk tidak mencampurkan madu terlalu banyak dan lebih dari takaran karena hal itu justru akan membuat rambut Anda menjadi lengket. 

4. Bawang bombay dan madu

Selain minyak zaitun, madu juga bisa Anda campurkan dengan bawang Bombay untuk membuat tonic bagi rambut. Bawang bombay bisa bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut agar subur. Caranya yaitu dengan mencampurkan bawang bombay yang sudah ditumbuk halus dengan tujuh tetes madu dan gunakan campuran ini untuk masker rambut.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa menjadi hair tonic dan merawat rambut Anda. Berbagai bahan alami tadi juga mudah didapatkan dan bisa Anda buat sendiri di rumah.