Minggu, Januari 26, 2020

5 Persiapan Mudik yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Asuransi mudik

Beberapa bulan lagi, musim mudik akan segera tiba. Agar perjalanan mudik terasa aman dan nyaman, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya sejak dini, salah satunya adalah asuransi mudik.  Hal ini sangat penting dilakukan karena akan banyak risiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu ketika Anda melakukan perjalanan mudik.

Selain banyaknya risiko di perjalanan yang harus Anda waspadai, jauhnya jarak yang ditempuh juga akan menuntut Anda untuk tetap fokus dan tetap sehat ketika berkendara. Bila Anda lengah sedikit saja, maka keselamatan bisa jadi taruhannya.

Persiapan Mudik

Nah, agar Anda perjalanan Anda selamat sampai tujuan, ini dia beberapa tips yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik.

1. Jaga kesehatan

Hal yang paling penting diperhatikan ketika melakukan perjalanan mudik yang cukup memakan banyak waktu adalah kesehatan. Karena jika tubuh tidak dalam keadaan fit, maka tentu Anda akan sulit berkonsentrasi sehingga mudik tidak akan terasa nyaman.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan sebelumnya Anda telah tidur cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan mengkonsumsi air putih secara rutin. Bila kondisi menurun, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

2. Servis kendaraan 

Agar kendaraan Anda tetap prima di perjalanan, lakukanlah servis beberapa waktu sebelum hari H keberangkatan. Anda bisa mendatangi bengkel mobil terdekat. Hal ini sangat perlu dilakukan agar saat pihak bengkel menemukan permasalahan pada mobil, maka mekanik akan segera memperbaiki sehingga perjalanan mudik Anda tidak terganggu. Setelah servis selesai, pastikan kinerja mobil lebih prima terutama fungsi pengeremannya.

Ini juga berlaku apabila Anda mudik dengan mengandalkan sepeda motor.

3. Menguasai teknik berkendara

Jika Anda akan melakukan perjalanan dan menyetir seorang diri, maka Anda wajib menguasai teknik berkendara dengan benar seperti bagaimana menjaga jarak dengan kendaraan lain, serta aturan lain ketika berkendara.

Pastikan Anda mengerti rambu-rambu lalu lintas dan menaatinya supaya perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan.

4. Pastikan surat-surat kendaraan lengkap 

Dalam melakukan perjalanan baik itu dekat maupun jauh, wajib bagi seorang pengendara membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Pastikan Anda tidak terlambat membayar pajak STNK, karena hal tersebut bisa mengganggu perjalanan jika Anda terkena razia polisi.

Lalu sebagai pengendara, Anda juga wajib membawa SIM (Surat Izin Mengemudi). Pastikan keberadaan SIM Anda aktif sehingga jika terjadi razia tidak terlalu banyak memakan waktu perjalanan.

5. Melakukan Cek kendaraan berkala

Perjalanan yang Anda lalui akan memakan waktu yang lama, maka periksalah mobil secara berkala di setiap pemberhentian atau rest area. Sebaiknya Anda mengecek tekanan ban, air radiator, dan kualitas rem ketika tengah berada di pemberhentian. Jangan lupa untuk mengisi BBM sebelum Anda memasuki area tol atau memasuki wilayah yang jarang memiliki SPBU.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik. Agar tenang dan nyaman dalam perjalanan, pastikan Anda memiliki asuransi perjalanan sebagai asuransi mudik terlebih dahulu. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!